Sabtu, 31 Maret 2012

tips menerbitkan buku sendiri

Tips dan Cara Menerbitkan Buku Sendiri

Sebagai usaha untuk membantu teman-teman yang ingin menerbitkan buku sendiri, kami ingin mencoba berbagi tips dan langkah-langkah dalam menerbitkan buku sendiri. Saat ini, pengetahuan tentang dunia kepenulisan dan perbukuan telah tersebar sangat luas, terutama sejak menjamurnya internet di ruang privat kita. Jalan menuju pembelajaran menulis seakan tak ada kunci khususnya, sebab sebagian besar Anatomi Buku: Preliminaries, Isi Buku, dan Postliminary [2]” href=”http://selfpublishing.web.id/mengenal-anatomi-buku-preliminaries-isi-buku-dan-postliminary-2/”>penulis terkenal telah menyadari pentingnya berbagi tips menulis yang baik kepada khalayak melalui dunia Luna.
Untuk sekadar contoh, teman-teman bisa melacak berbagai artikel gratis berkaitan dengan kepenulisan di internat via Mbah Google atau mesin perambah yang lain. Cukup dengan menuliskan beberapa kata kunci, misalnya “tips menulis yang baik”, teman-teman sudah disuguhi pilihan artikel yang membahas hutan belantara dunia kepenulisan. Ya, teman-teman juga bisa mempersempit kata kunci dengan memanfaatkan kata-kata khusus semacam menulis cerpen, artikel, novel, dan buku, atau bahkan pelatihan penulisan bagi yang tak ingin belajar secara otodidak.
Berdekatan dengan masalah kepenulisan, via Mbah Google atau mesin perambah lainnya, teman-teman juga bisa langsung mencari tahu Tips atau Cara Menerbitkan Buku Sendiri, jika telah memiliki satu atau beberapa naskah yang telah selesai ditulis. Keberanian untuk mencoba mencari tahu tentang dunia penerbitan ini memang masih belum terlihat jelas di dunia nyata. Akan tetapi, lewat ruang privat (dunia Luna), teman-teman bisa mencari tahu apa pun tanpa harus segan, enggan, atau malu kepada siapa pun. Dan, yakinlah ada jawaban yang mampu menenangkan keinginan teman-teman.
Keakraban dengan dunia Luna ternyata telah mendekatkan kita dengan segala informasi. Di dunia penerbitan (online), hampir di setiap kesempatan kita dapat menemui berbagai tawaran dari penerbit yang mencari naskah untuk dibukukan atau menawarkan bantuan untuk menerbitkan buku sendiri dengan syarat-syarat tertentu. Tak hanya itu, bagi yang ingin menerbitkan buku dengan minimum oplagh juga dapat mencari berbagai layanan yang biasa disebut dengan Publishing on Demand atau Menerbitkan Buku Semaumu.
Kami, Penerbit Titah Surga juga mencoba menawarkan dua sistem menerbitkan buku, yaitu Self Publishing (Menerbitkan Buku Sendiri) dan Publishing on Demand (Menerbitkan buku Semaumu). Kedua proses penerbitan dengan kedua sistem tersebut sesungguhnya sangat mudah. Untuk Self Publishing, teman-teman perlu memerhatikan langkah berikut.
Pertama, siapkan naskah yang akan diterbitkan, kemudian lakukan penyuntingan (editing) seperlunya. Jika teman-teman membutuhkan editor profesional atau semi profesional bisa mencari tahu via internet juga atau lewat kami. Kedua, setelah naskah selesai di edit, segera lakukan penyetingan (tata letak/lay out). Jika teman-teman juga tidak memiliki skill menyeting, mintalah teman atau bisa memanfaatkan jasa penyedia layanan seting buku via internet. Titah Surga juga melayani jasa tersebut. Ketiga, buatlah desain kover seperlunya. Jika teman-teman membutuhkan yang lebih eksklusif bisa juga memanfaatkan jasa layanan desain yang bertebaran di mana-mana. Keempat, siapkan nama dan logo penerbitan teman-teman, bisa membuat sendiri atau pesan ke layanan desain. Kelima, mengurus ISBN (International Standard Book Number) ke Perpustakaan Nasional. Untuk masalah ini, teman-teman bisa googling via internet, telah banyak teman-teman kita yang memebrikan tips dan trik mengurus ISBN.
Setelah semua langkah di atas teman-teman jalani, sekarang saatnya melakukan cetak buku. Sesekali, cobalah main ke percetakan terdekat di kota teman-teman, dan tanyakan semua hal berkaitan dengan mencetak buku, termasuk harganya. Teman-teman bisa membandingkannya dengan layanan cetak di internet yang ditawarkan banyak orang, termasuk Titah Surga. Beberapa teman telah memanfaatkan layanan Self Publishing yang ditawarkan oleh Titah Surga.
Untuk model Publishing on Demand (Menerbitkan Buku Semaumu), Titah Surga juga telah mendapatkan kepercayaan dari beberapa teman yang secara utuh menyerahkan semua layanan pra-cetak (editing, lay out, desain kover, dan ISBN) dan cetak kepada kami. Dengan otomatis, kami mencantumkan nama Titah Surga dalam buku terbitan tersebut, dan dicetak sesuai dengan keinginan teman-teman, mulai dari 1 (satu) eksemplar.
Jadi, untuk pelayanan Publishing on Demand (Menerbitkan Buku Semaumu) ini, teman-teman cukup mengirimkan naskah via email kepada penyedia layanan PoD, kemudian melakukan komunikasi intensif (seperlunya) kepada pihak penyedia layanan tersebut, untuk mengetahui perkembangan naskah teman-teman.
Demikian kira-kira yang dapat kami sampaikan, semoga memberi manfaat bagi teman-teman, berkaitan dengan Cara Menerbitkan Buku Sendiri (Self Publishing) atau Menerbitkan Buku Semaumu (Publishing on Demand). Jika ada pertanyaan-pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami via email atau contact us.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar